Romauli, Valentine Purnama (2012) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.
809131038 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809131038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
809131038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
809131038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
809131038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
809131038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
809131038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
809131038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
809131038 Bab I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
809131038 Bab V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
809131038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (2) pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap motivasi berprestasi guru, (3) pengaruh langsung motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru.Jenis penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penetitian ini menempatkan variabel penelitian yaitu variabel endogenus dan variabel eksogenus. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kabupaten Samosir yang berjumlah 14 sekolah negeri dengan jumlah guru sebanyak 365 orang guru. Untuk menentukan sampel digunakan teknik stratified proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak I 07 orang guru SMP Negeri di Kabupaten Samosir atau 29.32% dari jumlah populasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi guru adalah angket sedangkan untuk kinerja guru digunakan instrumen penilaian kinerja guru.Sebelum instrumen penelitian (dalam hal ini alat instrumen angket) digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dulu dilakukan uji coba. Dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket, digunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Instrument angket komunikasi interpersonaldiperoleh koefisien reliabilitasnya 0.904 dan motivasi berprestasi guru sebesar 0.939 dan berkategori sangat tinggi. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas, homogenitas, linieritas, dan keberartian regresi kemudian dilakukan analisis data dengan teknik path analysis.Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi p31= 0.365, dan besarnya pengaruh yang diberikan oleh variable komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru adalah yaitu 13.3%, bersar pengaruh tidak langsung yaitu 9.4% dan besarnya pengaruh total yang diberikan oleh variabel komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru adalah yaitu 22. 7%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung komunikasi interpersonal terhadap motivasi berprestasi guru dengan koefisien korelasi p21= 0.599 dan besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel komunikasi interpersonal terhadap motivasi berprestasi guru adalah yaitu 35.9%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi p32= 0.429 dan besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru adalah yaitu 18.4%.Semakin tinggi pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi guru maka semakin tinggi pula dalam mempengaruhi kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Samosir. Maka, untuk mengoptimalkan kinerja guru perlu peningkatan pelaksanaan komunikasi interpersonal yang efektif dan motivasi berprestasi guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Rom p |
Keywords: | Motivasi berprestasi; Guru; Komunikasi interpersonal; Kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3716 |