PANE, MA'RIF MUHAMMAD (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Model TF-6M) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKKW) di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141122007 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM. 5141122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM. 5141122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 5141122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
5. NIM. 5141122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 5141122007 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 5141122007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8. NIM. 5141122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
12. NIM. 5141122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 5141122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Model TF-6M) pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pengelasan pada mata pelajaran PKKW (Produk Kreatif Kewirausahaan) di SMK Negeri 2 Binjai. 2) Mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Model TF-6M) pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pengelasan pada mata pelajaran PKKW (Produk Kreatif Kewirausahaan) di SMK Negeri 2 Binjai. Metode penelitian ini bersifat penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TP di SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XI TP1 berjumlah 30 orang siswa dan kelas XI TP2 berjumlah 30 orang siswa. Dalam hal ini, sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa, dimana masing-masing kelas XI TP1 sebanyak 20 orang siswa dan XI TP2 sebanyak 20 orang siswa. Instrument penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 24 soal dan observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t, diperoleh hasil pada ranah kognitif thitung = 2,105 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Pada ranah psikomotorik thitung = 2,533 sedangkan nilai ttabel = 2,026 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini penunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (Model TF-6M) memberikan pengaruh yang lebih tinggi dan signifikan terhadap hasil belajar Produk Kreatif Kewirausahaan (PKKW).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 042 |
Keywords: | TEACHING FACTORY, MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37141 |