MANURUNG, FITRIANI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA BERBANTUAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA DAN POWERPOINT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4152131004 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2 NIM 4152131004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3 NIM 4152131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4 NIM 4152131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5 NIM 4152131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6 NIM 4152131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7 NIM 4152131004 IlLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4152131004 LIST OF GLOSARIUM.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4152131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10 NIM 4152131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
14 NIM 4152131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
15 NIM 4152131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, media pembelajaran dilengkapi model yang efektif pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel ditetapkan secara random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan menggunakan media lembar kerja siswa dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan menggunakan media powerpoint, yang keduanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD . Masing-masing kelas sampel berjumlah 32 orang. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dari instrumen yang sudah valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,83). Pada kedua kelas dilakukan pre-test sebelum diberi perlakuan dan setelah selesai perlakuan diberi post-test. Berdasarkan hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37,81 dan post-test sebesar 82,18. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 2 sebesar 35,36 dan post-test sebesar 76,96. Hasil penelitian yang diuji menggunakan Uji-t (Uji Dua Pihak) menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa berbantuan media lembar kerja siswa dan powerpoint yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan hasil data yang diperoleh : thitung > ttabel yaitu 3,44 > 1,99934, maka Ha diterima (H0 ditolak). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media lembar kerja siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media powerpoint pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 183 |
Keywords: | Model Pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division, Media Lembar kerja Siswa, Powerpoint, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37137 |