PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P 2019/2020

DAMANIK, DHEA FADILA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153141012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153141012 COVER.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153141012 APPRVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153141012 APPRVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153141012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153141012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153141012  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131141007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153141012 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153141012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153141012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153141012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153141012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pengetahuan metakognitif pada materi virus kelas X MIA SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020 dan sampel penelitian diambil secara total sampling. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu X MIA 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan X MIA 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain One Group Pretest dan Posttest Control Design. Hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil pretest nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 14,02 dan nilai rata-rata kelas kontrol 13,95. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis thitung=0,0614, ttabel=2,0018 (thitung < ttabel) menyatakan kemampuan awal pengetahuan metakognitif kedua sampel sama. Hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen 48,11 dan nilai rata-rata kelas kontrol 40,03. Uji hipotesis thitung=3,862, ttabel=2,0018 (thitung > ttabel). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pengetahuan metakognitif masing-masing sampel akibat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada materi virus di kelas X semester I SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 299
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, VIRUS, PENGETAHUAN METAKOGNITIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:30
Last Modified: 05 Mar 2020 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37123

Actions (login required)

View Item
View Item