DAMANIK, DHEA FADILA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141012 COVER.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. NIM. 4153141012 APPRVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 4153141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 4153141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 4153141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4131141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4153141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4153141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 4153141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 4153141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 4153141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pengetahuan metakognitif pada materi virus kelas X MIA SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020 dan sampel penelitian diambil secara total sampling. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu X MIA 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan X MIA 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain One Group Pretest dan Posttest Control Design. Hasil yang diperoleh adalah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil pretest nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 14,02 dan nilai rata-rata kelas kontrol 13,95. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis thitung=0,0614, ttabel=2,0018 (thitung < ttabel) menyatakan kemampuan awal pengetahuan metakognitif kedua sampel sama. Hasil posttest nilai rata-rata kelas eksperimen 48,11 dan nilai rata-rata kelas kontrol 40,03. Uji hipotesis thitung=3,862, ttabel=2,0018 (thitung > ttabel). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pengetahuan metakognitif masing-masing sampel akibat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada materi virus di kelas X semester I SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 299 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, VIRUS, PENGETAHUAN METAKOGNITIF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37123 |