JULIANI, DINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK SISWA KELAS XI TITL SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5151131014 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02. NIM 5151131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
03. NIM 5151131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
04. NIM 5151131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05. NIM 5151131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
06. NIM 5151131014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 5151131014 TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 5151131014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09. NIM 5151131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
13. NIM 5151131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 5151131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik siswa kelas XI TITL SMK, penelitian ini jenisnya ialah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk design posttest-only control. Sampel penelitian dilakukan di 2 kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah keseluruhan 60 siswa dan teknik analisis data menggunakan soal pilihan berganda yang telah teruji validitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan reliabilitasnya. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas XI untuk nilai rata-rata 82,5 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 66, hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament siswa kelas XI untuk nilai rata-rata 66,9 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 51, dengan hasil uji homogenitasnya ialah homogen dengan hasil hipotesis di uji-t yaitu bahwa thitung>ttabel (5,84>1,672), sehingga Ha menjadi diterima jadi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 060 |
Keywords: | MODEL PBM, MODEL TGT, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37098 |