RAMADHANI, NUR (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM KORDINASI DI KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141037 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4151141037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM. 4151141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 4151141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4151141037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 4151141037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 4151141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
10. NIM. 4151141037 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
13. NIM. 4151141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
14. NIM. 4151141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku Ajar Biologi dengan pendekatan saintifik pada materi sistem kordinasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4-D. Model ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop), yaitu hanya sampai tahap uji coba produk pada kelompok lapangan terbatas. Penelitian ini dimulai sejak bulan juli hingga September 2019 di SMA Negeri 9 Medan. Buku yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, guru, dan uji lapangan/siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket, dan dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 85% dengan kriteria “sangat layak”; ahli pembelajaran sebesar 87% dengan kriteria “sangat layak”; ahli desain grafis sebesar 86% dengan kriteria “sangat layak”; penilaian guru biologi sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan tanggapan mahasiswa melalui penilaian peroarangan, kelompok kecil, dan terbatas yang merupakan siswa kls XI SMA yang telah mengambil mata pelajaran Biologi memiliki kategori baik hingga sangat baik untuk di gunakan dalam pembelajaran. Mengingat penelitian ini hanya di lakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui keefektifannya terhadap produk ini perlu di lakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 307 |
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar; Pendekatan saintifik; Sistem kordinasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37095 |