SIHOMBING, LISMA (2019) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151131024 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM. 4151131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM. 4151131024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM. 4151131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 4151131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 4151131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 4151131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
8. NIM. 4151131024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
9. NIM. 4151131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
13. NIM. 4151131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 4151131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia yang inovatif berbasis literasi sains pada pokok bahasan Ikatan Kimia . Jenis penelitian termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Sementara itu, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas X IPA di SMA Swasta Prayatna Medan. Dari hasil analisis, dikembangkanlah bahan ajar dalam bentuk handout menggunakan teknik purposive sampling. Dua buah bahan ajar dianalisis berdasarkan aspek literasi sains. Bahan mengajar yang telah dikembangkan, dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan aspek literasi sains dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Bahan mengajar yang telah disusun, kemudian diuji untuk siswa untuk melihat pengaruh serta korelasi antara minat dan hasil belajar kimia siswa. Pengujian siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, eksperimen dan kontrol. Terhadap kelas eksperimen siswa diberi bahan ajar yang telah dikembangkan, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang sudah ada sebelumnya. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak menunjukkan thitung > 1/2α ttabel (2,05 > 1,99) maka Ho ditolak. Ini berarti ada perbedaan hasil belajar kimia siswa pada kedua kelas. Pada kelompok eksperimen diperoleh rhitung sebesar 0,82 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Pada kelompok kontrol diperoleh rhitung sebesar 0,81 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Dengan ketentuan rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga diketahui ada korelasi yang signifikan antara minat dan hasil belajar kimia siswa pada kedua kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 184 |
Keywords: | handout; bahan ajar; literasi sains; ikatan kimia; hasil belajar; minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37080 |