ASIAH, SINTYA (2019) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF FISIKA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI KINEMATIKA DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151121065 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 4151121065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM 4151121065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4151121065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 4151121065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
6. NIM 4151121065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4151121065 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 4151121065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 4151121065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. NIM 4151121065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM 4151121065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif fisika pengetahuan konseptual pada materi kinematika di SMA/MA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D), dengan menggunakan model Borg & Gall. Populasi dari penelitian ini adalah siswa MAN 1 Panyabungan. Subjek penelitian seluruh siswa kelas XII MAN 1 Panyabungan. Hasil penelitian menunjukkan pada uji lapangan terbatas yang melibatkan 30 siswa diketahui bahwa 26 soal valid dan 24 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,83. Dari analisis data, pada uji lapangan terbatas diperoleh 16 butir soal pada kategori mudah, 25 butir soal pada kategori sedang dan 9 butir soal pada kategori sulit . Daya pembeda 18 soal memiliki daya pembeda baik sekali, 12 butir soal baik, 8 butir soal cukup, dan 12 butir soal jelek. Efektivitas pengecoh, 12 butir soal baik sekali, 18 soal baik, 13 soal cukup dan 7 soal kurang baik. Pada uji lapangan lebih luas di dapatkan 40 soal valid dan 10 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,86. Tingkat kesukaran, 6 butir soal pada kategori mudah, 35 butir soal pada kategori sedang, dan 9 butir soal pada kategori sulit. Daya pembeda 20 butir soal memiliki daya pembeda baik sekali, 11 butir soal baik, 12 butir soal cukup dan 7 butir soal jelek. Efektivitas pengecoh, 31 soal termasuk dalam kategori baik sekali, 10 soal kategori baik, 8 soal kategori cukup, 1 soal kategori kurang baik. Dari kriteria soal dapat disimpulkan soal yang diterima sebanyak 40 dan soal yang ditolak sebanyak 10.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 304 |
Keywords: | Pengetahuan Konseptual; Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Pembeda; Efektifitas Pengecoh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37071 |