Nasution, Muhammad Choir Nazlan (2012) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PROFESIONALISME GURU DENGAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH DI KKM MTS NEGERI SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
809325010 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
809325010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (0B)
809325010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
809325010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (0B)
809325010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (0B)
809325010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
809325010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
809325010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
809325010 Bab I.pdf - Published Version
Download (0B)
809325010 Bab V.pdf - Published Version
Download (0B)
809325010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kepemimpinan kepala madrasah dengan mutu pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Tsanawiyah Negeri Siantar Kabupaten Simalungun. (2) Menganalisis ketersediaan guru-guru Madrasah Tsanawiyah di Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Tsanawiyah Negeri Siantar Kabupaten Simalungun. (3) Mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap pengembangan profesionalismenya. (4) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan mutu pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Tsanawiyah Negeri Siantar Kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 guru MTs Negeri dan Swasta di KKM MTs Negeri Siantar kabupaten Simalungun, populasi dan sebaran kepala madrasah dan guru pada 33 Madrasah. Instrumen penelitian ini adalah angket hubungan persepsi kepemimpinan dan profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan.Hipotesis diuji dengan menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah expost facto, yaitu melihat kepada peristiwa yang telah terjadi berdasarkan persepsi responden. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat (dependent Variable) yaitu Mutu Pendidikan (Y) dan variabel bebas (independent variable) yaitu persepsi terhadap kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan Profesionalisme guru (X2). Karena melihat hubungan antar variabel, maka metode penelitian ini tergolong pada penelitian korelasional. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (l) Persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pendidikan Besarnya pengaruh variabel persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan adalah 0,649 sedangkan kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 42,63% kemudian sisanya 57,37% ditentukan oleh variabel lain. lnformasi ini memberikan keterangan bahwa variabel persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah memberikan pengaruh yang kuat terhadap mutu pendidikan. (2) Profesionalisme guru berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pendidikan. Besamya pengaruh variabel profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan adalah 0.638 kemudian kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 40,70% kemudian sisanya 59,30% ditentukan oleh variabel lain. lnformasi ini memberikan keterangan bahwa variabel profesionalisme guru memberikan pengaruh kuat terhadap mutu pendidikan. (3) Persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah berhubungan dengan profesionalisme guru. Besamya hubungan persepsi tentang kepemimpinan kepala madrasah dengan profesionalisme guru adalah 0,808 kemudian konstribusi variabel X1 dengan X2 sebesar 65,30% kemudian sisanya 34,70% ditentukan oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Nas h |
Keywords: | Mutu pendidikan; Kepemimpinan; Kepala sekolah; Profesionalisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3707 |