GULTOM, FITRISIA KRISA BELLA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152121019 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4152121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM 4152121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM 4152121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM 4152121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 4152121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4152121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM 4152121019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM 4152121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13. NIM 4152121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM 4152121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 18 Medan T.P. 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inquiry training dengan pendekatan STEM dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 26 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Data pretest dan posttest dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan syarat normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 72,17 dan kelas kontrol adalah 63,78. Berdasarkan data hasil posttest diperoleh thitung 1,951 dan ttabel 1,675. Karena thitung>ttabel dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model inquiry training dengan pendekatan STEM secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pokok pokok Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA Negeri 18 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 306 |
Keywords: | inquiry training;STEM;kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37066 |