RIFKY, MUHAMMAD (2019) STRATEGI PKS DALAM PEMENANGAN PASANGAN ERAMAS PADA PEMILIHAN GUBERNUR SUMATERA UTARA TAHUN 2018 (STUDI DI KANTOR DPC PKS KECAMATAN MEDAN PETISAH). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3153311019 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 3153311019 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. NIM 3153311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM 3153311019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM 3153311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. NIM 3153311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM 3153311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
11. NIM 3153311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
12. NIM 3153311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui Strategi PKS Dalam Pemenangan Pasangan ERAMAS Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 (Studi di Kantor DPC PKS Kecamatan Medan Petisah). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menentukan narasumber atau informan awal yang dipilih seperti pengurus serta para kader Partai PKS yang ada di Kecamatan Medan Petisah. Adapun yang menjadi Informan pada penelitian ini sebanyak 6 pengurus PKS khususnya di Kantor DPC PKS Kecamatan Medan Petisah.Teknik dalam melakukan Analisis data yaitu dengan melakukan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menununjukkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh DPC PKS Kecamatan Medan Petisah dalam memenangkan pasangan ERAMAS pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 ialah dengan mengkokohkan kader-kader PKS Kecamatan Medan Petisah untuk memenangkan pasangan ERAMAS di Kecamatan Medan Petisah, melakukan pendekatan secara agama (pengajian,dan tablig akbar), direct salling (door to door) kerumah masyarakat, bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kecamatan Medan Petisah dan mengadakan bakti sosial seperti sembako murah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Selain itu, DPC PKS Kecamatan Medan Petisah juga melakukan strategi sesuai teori marketing politik yang terdiri atas Product, dengan membangun image yang dibentuk melalui pasangan ERAMAS dengan mengkaitkan jargon PKS dengan jargon milik ERAMAS yaitu religius, propesional dan memiliki niat yang ikhlas untk mensejahterakan dan membangun Sumatera Utara lebih baik. Place, dengan menempatkan anggota pemenangan saksi dan relawan sesuai dengan peran dan tempat tinggal masing-masing untuk mengenalkan pasangan ERAMAS. Price, dengan merencanakan biaya kampanye pasangan ERAMAS sesuai kondisi dan situasi di kecamatan Medan Petisah serta mencari dana tambahan karena dana yang diberikan tim pemenangan ERAMAS kota Medan dan DPD PKS kota Medan tidak memadai. Promotion, dengan mengenalkan kepada masyarakat baik dengan menggunakan media seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya. Dan tidak menggunakan media seperti melakukan silaturahmi kepada masyarakat, tokoh-tokoh dan melakukan kegiatan keagamaan seperti perwiritan dan pengajian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PKN 139 |
Keywords: | Strategi Pks, Marketing Politik, Pemilihan Gubernur Sumatera Utara |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37022 |