DASOPANG, AHMED DIDIT (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132131001 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5132131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM. 5132131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5132131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 5132131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5132131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5132131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5132131001 APPENDCIES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5132131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 5132131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 5132131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Contexkstual Teaching And Learning (CTL) dengan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan melakukan eksperimen di dalam kelas yang sudah tersedia sebagaimana adanya, dengan tidak melakukan perubahan situasi kelas dan jadwal pembelajaran. Jumlah subjek penelitian 64 orang peserta didik, yang terdiri dari 32 peserta didik Kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan berganda yang telah terlebih dahulu di uji validitas, reliabilita, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh. Hasil penelitian di peroleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 85,94 sedangkan kelas kontrol 79,06. Dari hasil penghitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,627 dan ttabel adalah 1,670, maka thitung > ttabel atau 3,627>1,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas X TITL pada kompetensi dasar Memahami Dasar Listrik dan Elektronika dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 063 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37020 |