WINDA KHAIRUNNISA (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153351027_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1153351027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 1153351027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1153351027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1153351027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 1153351027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM. 1153351027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 1153351027_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12. NIM. 1153351027_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 1153351027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotive therapy terhadap kecerdasan emosional siswa di kelas X SMAN Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3. Penentuan subjek penenelitian ini melakukan wawancara kepada guru BK dan pemberian angket kepada kelas X MIA 3. Dari hasil angket tersebut terlihat dan diseleksi siswa yang mendapat nilai terendah. Maka subjek penelitian terdiri dari 8 orang yang diantaranya ada 7 orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah dan 1 orang yang memiliki kecerdasan emosional yang sedang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunkan angket kecerdasan emosional yang berjumlahkan 38 item pernyataan yang telah valid. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari data diperoleh J hitung = 17 dengan α= 0,05 dengan n = 8 sehingga nilai J table adalah 4. Karena Jhitung> Jtabel dimana 17 > 4. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan, yang artinya hipotesis diterima. Data pre-test kecerdasan emosional siswa diperoleh rata-rata 111, 25, sedangkan data post-test kecerdasan emosiona diperoleh dengan rata-rata 127,87, artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy lebih tinggi dari pada sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy. layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy ini memberikan kontribusi pada kecerdasan emosional siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 9 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 063 |
Keywords: | Layanan bimbingan kelompok, Pendekatan rasional emotive therapy, Kecerdasan emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37009 |