Rezki, Minta (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PIKIR PLUS BERBNTUAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BEBAS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PGRI 37 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2152111014 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 2152111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
3. NIM 2152111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 2152111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 2152111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM 2152111014 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 2152111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 2152111014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
12. NIM 2152111014 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM 2152111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Pikir Plus Berbantuan Media Gambar Peristiwa Terhadap Menulis Puisi Kelas VIII Smp Swasta Pgri 37 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 60 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum menggunakan strategi pikir plus berbantuan media gambar peristiwa termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 59,66, sedangkan kemampuan siswa menulis puisi sesudah menggunakan strategi pikir plus berbantuan media gambar peristiwa termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 78. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan thitung (7,673) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi pikir plus berbantuan media gambar peristiwa terhadap kemampuan menulis puisi kelas VIII Smp Swasta PGRI 37Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi sesudah menggunakan strategi pikir plus berbantuan media gambar peristiwa lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan strategi pikir plus berbantuan media gambar peristiwa, berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 188 |
Keywords: | strategi pikir plus, media gambar peristiwa, menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36993 |