PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SAFITRI, NUR REZEKI (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3151121030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3151121030 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3151121030 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3151121030 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3151121030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3151121030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3151121030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3151121030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3151121030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3151121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3151121030 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3151121030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3151121030 LIST OF CHART.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3151121030 LIST OF CHART.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3151121030 LIST OF ATTACMENT.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3151121030 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3151121030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3151121030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3151121030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3151121030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3151121030 BLIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3151121030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode active debate terhadap minat belajar sejarah di SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik kelaster. Pada kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 1 menggunakan metode pembelajaran active debate dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IPS 2 menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi bentuk post-test only control group design. Data minat belajar siswa di kumpulkan dengan angket skala likert. Statistik yang di gunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. setelah data di peroleh dari hasil rata-rata minat belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 85,05 dan di kelas control sebesar 79,4. Dari hasil analisis uji normalitas data angket post-test di kelas eksperimen menunjukan Lo<L tabel ( 0,0896 < 0,1476 ) maka dapat di simpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut beristribusi normal. Pengujian homogenitas pada saat post-test dimana F hitung < F tabel yaitu 0,729 < 1,77 dari hasil uji tersebut kelas di nyatakan homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh harga thitung < ttabel yaitu 11,19 > 1,757 dengan taraf signifikasi 5% (a= 0,05 ) maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa metode pembelajaran active debate memiliki pengaruh terhadap minat belajar sejarah di SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 SJRH 155
Keywords: Pengaruh. Metode Active Debate, Minat Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:26
Last Modified: 28 Feb 2020 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36985

Actions (login required)

View Item
View Item