SAFITRI, NUR REZEKI (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3151121030 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 3151121030 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM 3151121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 3151121030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 3151121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 3151121030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 3151121030 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM 3151121030 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM 3151121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM 3151121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 3151121030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode active debate terhadap minat belajar sejarah di SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS di SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik kelaster. Pada kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 1 menggunakan metode pembelajaran active debate dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IPS 2 menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi bentuk post-test only control group design. Data minat belajar siswa di kumpulkan dengan angket skala likert. Statistik yang di gunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. setelah data di peroleh dari hasil rata-rata minat belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 85,05 dan di kelas control sebesar 79,4. Dari hasil analisis uji normalitas data angket post-test di kelas eksperimen menunjukan Lo<L tabel ( 0,0896 < 0,1476 ) maka dapat di simpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut beristribusi normal. Pengujian homogenitas pada saat post-test dimana F hitung < F tabel yaitu 0,729 < 1,77 dari hasil uji tersebut kelas di nyatakan homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t di peroleh harga thitung < ttabel yaitu 11,19 > 1,757 dengan taraf signifikasi 5% (a= 0,05 ) maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa metode pembelajaran active debate memiliki pengaruh terhadap minat belajar sejarah di SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 155 |
Keywords: | Pengaruh. Metode Active Debate, Minat Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36985 |