MARPAUNG, RIKKI MORES (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MULTIREPRESENTASI BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS SEMESTER I SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121059 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM. 4151121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
3. NIM. 4151121059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 4151121059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 4151121059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
6. NIM. 4151121059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7. NIM. 4151121059 TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 4151121059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9. NIM. 4151121059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 4151121059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
14. NIM. 4151121059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dengan multirepresentas berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 7 Medan T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari lima kelas MIA. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIA-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X MIA-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,47 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41,62 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 67,47. Hasil aktivitas siswa pertemuan pertama 53,96 pertemuan kedua 66,8 dan pertemuan ketiga 72,9 maka rata-rata aktivitas siswa 64,55 dengan kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil uji t postes diperoleh thitung> ttabel= 4,710> 1,669 dengan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training dengan multirepresentasi berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 7 Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 313 |
Keywords: | inquiry training, hasil belajar, aktivitas, multirepresentasi, PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36977 |