SYAHPUTRI, RANI DHEA (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121054 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4151121054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. NIM. 4151121054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 4151121054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 4151121054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 4151121054 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4151121054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 4151121054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 4151121054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM. 4151121054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4151121054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Modul ini dikembangkan dengan tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi kemudian evaluasi. Instrument yang digunakan yaitu berupa lembar penilaian oleh ahli dan guru, angket respon siswa serta hasil pretest dan posttest siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Swasta Bina Bersaudara yang terdiri dari 2 kelas. Dengan sampel kelas XI IPA yang telah mempelajari materi momentum dan impuls yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ditinjau dari validitas, validitas oleh ahli materi memperoleh hasil persentase 92,16% dalam kriteria sangat baik. Dan validitas oleh ahli mediaa memperoleh hasil persentase 82,51% dalam kriteria baik. (2). Ditinjau dari Uji Kelayakan, uji kelayakan respon guru menunjukkan angka 88,52% yang berarti modul yang digunakan dinyatakan sangat baik dan layak digunakan. Uji kelayakan yang berupa angket respon siswa menunjukkan angka sebesar 83,05% yang artinya modul yang digunakan dinyatakan sangat layak oleh peserta didik tersebut. Dari hasil pretest dan posttest diperoleh nilai n-gain 0,5 dalam kategori sedang. Sesuai dengan ketegori yang diperoleh maka modul ini cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 314 |
Keywords: | Modul; Berbasis Inkuiri Terbimbing; Momentum Dan Impuls |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36967 |