MUTIARA, GORETTY (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1151111018_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2.NIM.1151111018_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM.1151111018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4.NIM.1151111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5.NIM.1151111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6.NIM.1151111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7.NIM.1151111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8.NIM.1151111018_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9.NIM.1151111018_BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13.NIM.1151111018_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14.NIM.1151111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada tema 2 Selalu Berhemat Energi subtema 1 Sumber Energi (pembelajaran 3 dan 4), subtema 2 Manfaat Energi (pembelajaran 3 dan 4) kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan di SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 2 Selalu Berhemat Energi subtema 1 Sumber Energi (pembelajaran 3 dan 4), subtema 2 Manfaat Energi (pembelajaran 3 dan 4).
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru dan angket aktivitas siswa dengan 7 indikator. Berdasarkan hasil observasi bahwa siswa pada siklus I pertemuan 1 terdapat 16 siswa yang cukup aktif (57,1%) dan 12 siswa tidak aktif (42,9%). Siklus I pertemuan 2 terdapat 13 siswa yang cukup aktif (46,4%), 11 siswa aktif (39,29%) dan 4 siswa yang sangat aktif (14,29%). Siklus II pertemuan 1 terdapat 14 siswa yang aktif (50%) dan 14 siswa yang sangat aktif (50%). Siklus II pertemuan 2 terdapat 1 siswa yang aktif (3,57%) dan 27 siswa yang sangat aktif (96,43%).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Selalu Berhemat Energi di SDN 101772 Tanjung Selamat. Oleh karena itu, model pembelajaran Time Token dapat dapat digunakan guru meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 270 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36947 |