PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI KELAS X TKR SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN T.A 2018/2019.

KAITAMI, RONI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI KELAS X TKR SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5151122011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5151122011 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5151122011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5151122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5151122011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5151122011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5151122011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5151122011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5151122011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5151122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5151122011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5151122011 TABLES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5151122011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5151122011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5151122011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5151122011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5151122011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5151122011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5151122011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5151122011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5151122011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5151122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang memberi pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar Pdto (Pekerjaan dasar teknik otomotif) pada siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan T. A 2018/2019. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Instrument penelitian menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 35 soal dan observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t, Harga ttabel dapat diperoleh dari daftar dengan taraf nyata (α = 0,05 ) dk (n1 – 1) = (33 – 1) = 32, dk (n2 – 1) = (36-1) = 35 atau tα (dk1,dk2) = t0,05(32,35). Karena t0,05(32,35) tidak terdapat dalam daftar maka diperoleh dengan cara interpolasi linear, yaitu Dari hasil perhitungan diperoleh harga thit > ttabel yaitu 3,33 > 2,03 yang menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan mengunakan model pembelajaran JIGSAW dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh sebab itu hipotesis diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar PDTO siswa kelas X TKR di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan TA 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 OTM 050
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:24
Last Modified: 14 Feb 2020 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36935

Actions (login required)

View Item
View Item