SIHOMBING, DESIMA YUNI INSANI WATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7151144006 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 7151144006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 7151144006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 7151144006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7151144006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7151144006 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 7151144006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 7151144006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7151144006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 7151144006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7151144006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Pematang Siantar T.A 2019/2020.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2019/2020 pada mata pelajaran Kearsipan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Bali Atas No.5 pada tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP Di SMK Negeri 1 Pematangsiantar, yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 142 orang. Dan yang menjadi sampel adalah 2 kelas X AP dengan jumlah masing – masing siswa 36 orang. Jadi, jumlah sampel saya yaitu 72 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan berganda untuk soal pre tes dan post tes dengan jumlah 20 soal terdiri dari 5 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban, sedangkang 4 pilihan lainnya sebagai pengecoh. Dimana pada soal tersebut 20 soal dinyatakan valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre-test kelas eksperimen I yaitu 55,55, dan post-test 78,33 dengan standar deviasi yaitu 12,63 dan 10,28. Sedangkan nilai rata – rata pre-test kelas eksperimen II yaitu 55,41, dan post-test 72,91 dengan standar deviasi yaitu 11,96 dan 12,09. Pengujian hipotesis dengan uji t dari hasil post-test yang dilakukan, diperoleh thitung = 2,10 dan ttabel= 1,666. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa thitung >ttabel, yaitu 2,10>1,666. Melalui kriteria pengujian hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil pembelajaran Kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar Kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Explicit Instrustion siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 120 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36934 |