SAGALA, TRIGEL (2019) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.1133111070_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.NIM.1133111070_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3.NIM.1133111070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4.NIM.1133111070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5.NIM.1133111070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6.NIM.1133111070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8.NIM.1133111070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9.NIM.1133111070_BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13.NIM.1133111070_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14.NIM.1133111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat pada TemaOrgan Gerak Hewan dan Manusia T.A 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Meaningful Instruction Design dengan tahapan perencanaan,tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan adalah menggunakan lembar observasi dan angket, subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 29 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (1) pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 56,29% yang tergolong kategori masih rendah, siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata 69,25% yang tergolong kategori masih rendah, siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 80% yang tergolong tinggi, dan siklus II pertemuan II diperoleh rata-rata 81,83% tinggi. (2) Dari hasil angket dapat diketahui pada kondisi awal diperoleh rata-rata 55,13 % yang tergolong
kategori masih rendah, pada siklus I diperoleh rata-rata 70,31% yang tergolong kategori sedang, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 80,48% yang tergolong kategori tinggi.Dari data yang sudah diperoleh dapat dikatakan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Design pada tema Organ Gerak Manusia dan Hewan subtema Manusia dan Lingkungannya kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2019/2020 sudah meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 271 |
Keywords: | MINAT BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN,MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:24 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36925 |