ASIM, NUR AQILAH (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REALITA TERHADAP KETAHANAN DIRI SISWA SMP NEGERI 35 TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1154651005_COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 1154651005_ LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PENSEHAN HASIL REVISI SKRIPSI LEMBAR PERSETUJUAN .pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
3. NIM.1154651005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM.1154651005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM.1154651005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM . 1154651005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM . 1154651005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM . 1154651005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM.1154651005_BAB 1.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM . 1154651005_BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM . 1154651005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Realita Terhadap Ketahanan Diri Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah: Apakah ada pengaruh konseling kelompok melalui pendekatan realita terhadap ketahanan diri siswa SMP Negeri 35 Medan ? Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019 s/d September 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang siswa yang memiliki skor terendah dan akan diberi layanan konseling kelompok pendekatan realita. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan realita terhadap ketahanan diri siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata= 83.62, standar deviasi= 109.75 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata = 98.62, standar deviasi= 51.101. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh J hitung = 32 sedangkan J tabel = 10. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α = 0.05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung > J tanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 32 > 10, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian layanan
konseling kelompok pendekatan realita lebih signifikan (10 > 0). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan realita terhadap ketahanan diri siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 071 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN REALITA, KETAHANAN DIRI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological tests and testing B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36911 |