SIMBOLON, RISMA ULIBASA (2019) EFEKTIVITAS MEMBACA 5 BUAH CERITA PENDEK SERTA CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS XI SMA SATU PADU BOARDING SCHOOL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111035 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 2153111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 2153111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2153111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 2153111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 2153111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 2153111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2153111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2153111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 2153111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 2153111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas efektivitas membaca 5 buah cerpen dan cerita rakyat terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Satu Padu Boarding School dengan jumlah siswa 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa kelas XI IIS-B.
Instrumen yang digunakan untuk menaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata pre-test = 60,25, standar deviasi = 16,7 dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik sebanyak 30%, kategori cukup sebanyak 35%, kategori kurang baik 20% dan kategori sangat kurang 15%. Sedangkan
nilai rata-rata post-test = 79,8, standar deviasi = 9,06 dan kategori sangat baik sebanyak 40%, kategori baik sebanyak 45%, kategori cukup 15%, kategori kurang 0%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari hasil uji pre-test dan post-test yang diperoleh siswa merupakan data yang
berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test, yaitu dengan Lhitung < Ltabel yaitu 0,042 < 0,19 dan ui normalitas post-test yaitu Lhitung < Ltabel yaitu 0,0821 < 0,19. Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen yaitu J Fhitung < Ftabel yakni 1,7 < 1,82. Dari hasil hiptesis yang
dilakukan diperoleh to > ttabel yakni 4,13 > 2,08, telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa dengan membaca 5 buah cerita pendek dan cerita rakyat berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pendek di SMA Satu Padu Boarding School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 190 |
Keywords: | Membaca Cerpen Dan Cerita Rakyat, Kemampuan Menulis, Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36899 |