PRINGGO, JULHAM (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN TEKNIK ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR PADA SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA MANDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.5132131006. COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM.5132131006. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
3. NIM.5132131006. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM.5132131006. PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM.5132131006. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM.5132131006. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM.5132131006. TABLE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM.5132131006. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM.5132131006. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM.5132131006. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM.5132131006. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar Khususnya Pada Materi Mengenal Komponen Elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan siswa yang
diajarkan Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian
Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Mandiri yang terdiri dari 2 kelas.
Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction adalah kelas X TKJ-1 yang berjumlah 28 siswa serta kelas X TKJ-2
menjadi kelas kontrol kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional yang berjumlah 32 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah 29 soal pilihan berganda yang dinyatakan valid dari 34 soal yang telah di uji validitasnya.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar antara Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Model Pembelajaran Konvensional, dimana hasil belajar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar untuk kelas yang
menerapkan Model Pembelajaran Konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22,25 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 17,84.
Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction diperoleh Lhitung sebesar 0.1024 dan Ltabel sebesar 0.173 karena Lhitung < Ltabel, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument dengan Model Pembelajaran Konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0.0916 dan Ltabel = 0.1566 karena Lhitung < Ltabel, maka data instrumen pada
kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar diperoleh Fhitung sebesar 1,09 dan Ftabel 1,88 karena Fhitung < Ftabel atau 1,09 < 1,99
maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Ujit
dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Teknik Elektronika Analog Dan Digital Dasar Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta
Mandiri. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 5,6766 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,672.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 069 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36897 |