Naibaho, Putri Ikanuari (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 22 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1153151025.COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. 1153151025_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. 1153151025.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. 1153151025-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
5. 1153151025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. 1153151025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. 1153151025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. 1153151025_BAB I.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
12. 1153151025_BAB V.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. 1153151025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-management terhadap disiplin belajar pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 22 Medan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu pendekatan kuantitatif dengan Pre test-post test one
group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VII-2. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling dan pemberian angket kepada siswa kelas VII-2. Dari hasil angket tersebut terlihat dan diseleksi siswa yang mendapat nilai terendah. Maka subjek penelitian terdiri dari 10 orang
yang memiliki disiplin belajar yang rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket disiplin belajar yang berjumlahkan 32 item pernyataan yang telah valid. Dari data diperoleh r11 > rtabel yaitu r11 = 0,867 > rtabel = 0,350 maka variabelnya reliable. Dari data pre-test disiplin belajar siswa diperoleh rata-rata 89,4 sedangkan data post-test disiplin belajar diperoleh dengan rata-rata 103,3 artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self- management lebih tinggi dari pada
sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik selfmanagement. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management ini memberikan kontribusi pada disiplin belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 22 Medan. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari data diperoleh Jhitung = 15 dengan α = 0,05 dengan n = 10 sehingga nilai Jtabel = 8. Karena Jhitung > Jtabel dimana 15 > 8. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan, yang artinya hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 072 |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok; Teknik Self-Management; Disiplin Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36895 |