WULANDARI, DIAH (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TALKING STICK KELAS V SD NEGERI 107103 LANTASAN BARU T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111015_COVER.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
2. NIM. 1153111015_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. NIM. 1153111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4. NIM. 1153111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
5. NIM. 1153111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 1153111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 1153111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 1153111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 1153111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
13. NIM. 1153111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
14. NIM. 1153111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ipa menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan talking stick kelas v sd negeri 107103 lantasan baru T.A 2018/2019. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang berguna untuk mengetahui ataupun melihat adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yaitu kelas V-A dan V-B sebanyak 50 siswa. Dalam hal ini siswa kelas V-A
menjadi kelas eksperimen I sebanyak 25 siswa dan kelas V-B menjadi kelas eksperimen II sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan tes.instrumen soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I pretest dengan rata-rata 50,2 dan post test dengan rata-rata 82,4 sehingga memiliki selisih 32,2. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh pretest dengan rata-rata 45,2 dan posttest dengan rata-rata 75 sehingga diperoleh selisih 29,8. Dimana dapat disimpulkan bahwa peningkatan pada kelas eksperimen I sebesar 50% dan kelas eksperimen II sebesar 45%. Dari uji normalitas eksperimen I diperoleh L0 (0,152) < Ltabel (0,173) dan data pre test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,148) < Ltabel (0,173). Data post test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,123) < Ltabel (0,173) dan data posttest kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,084)
< Ltabel (0,173) sehingga dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Pada perhitungan uji homogenitas data kelas eksperimen I dan II diperoleh Fhitung< Ftabel, data pre test Eksperimen I dan II yaitu, 1,645 < 1,96 dan
Fhitung< Ftabel post test Eksperimen I dan II yaitu, 1,027 < 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II homogen.
Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,821, ttabel = 2,01534 dan dk = 48 sesuai dengan kriteria pengujian diterima H0 jika thitung< 1 t dan diterima Ha jika thitung> 1 t pada taraf signifikan = 0,05 da dk = ( n1 + n2 - 2). Dari perhitungan uji hipotesis thitung> ttabel yaitu 2,821 > 2,01534. Dapat disimpulkan dalam hal ini bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran snowball throwing dengan talking stick pada materi pelajaran gaya kelas IV SD Negeri 107103 Lantasan Baru T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 273 |
Keywords: | Hasil belajar, Snowball Throwing, Talking Stick. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36884 |