MUSTAFA, NUR SHAHIDA (2014) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-INSTRUCTION TRAINING TERHADAP PENINGKATAN RESILIENSI MAHASISWA MALAYSIA TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KOTA MEDAN SUMATERA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1134651003 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 1134651003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (935kB) | Preview
3. NIM 1134651003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 1134651003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM 1134651003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 1134651003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 1134651003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 1134651003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 1134651003 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM 1134651003 BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM 1134651003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Instruction Training Terhadap Peningkatan Resiliensi Mahasiswa Malaysia Tahun Pertama di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 s/d Januari 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Malaysia tahun pertama di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang mahasiswa yang memiliki skor terendah dan akan diberi layanan konseling kelompok teknik self-instruction training. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik self-instruction training terhadap peningkatan resiliensi mahasiswa. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen dan memperoleh rata-rata= 81.8, standar deviasi= 88.7 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata-rata = 114.17, standar deviasi= 123.8. Hal ini dibuktikan dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh J hitung = 7 sedangkan J tabel = 0. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 6, α = 0.05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika J hitung > J tabel yang mana didalam penelitian ini hasil dari perhitungan uji Wilcoxon adalah =7 > 0, dari perhitungan ini dapat dilihat ada pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen. Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik self-instruction training terhadap peningkatan resiliensi mahasiswa Malaysia tahun pertama di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 076 |
Keywords: | layanan konseling kelompok, Teknik Self-Instruction Training, Resiliensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36882 |