SETIA, RINNY (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01 NIM 21511111049 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02 NIM 2151111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
03 NIM 2151111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
04 NIM 2151111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
05 NIM 2151111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
06 NIM 2151111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07 NIM 2151111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
08 NIM 2151111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
09 NIM 2151111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13 NIM 2151111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 NIM 2151111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Chain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu menggunakan metode chain writing kemudian mengetahui efektivitasnya dari hasil belajar siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 168 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 70 siswa, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk penugasan, yaitu menulis sebuah teks deskripsi.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa metode chain writing lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas eksperimen (menggunakan metode chain writing) = 82,18, standar deviasi = 10,52, sedangkan rata-rata di kelas kontrol (menggunakan metode ceramah) = 13,22.
Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas eksperimen berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel, (0,142 < 0,156), dan kelas kontrol juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel, (0,119 < 0,156). Kemudian dari uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dengan Fhitung < Ftabel, yakni 1,57 < 1,82. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji hipotesis bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan to > ttabel yaitu 3,20 > 2,00, maka membuktikan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan metode chain writing lebih efektif digunakan dibandingkan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 193 |
Keywords: | Metode Chain Writing, Menulis Teks Deskrispi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36853 |