HUTAPEA, NINING MARWAH (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP RASA RENDAH DIRI SISWA DALAM BERGAUL PADA KELAS X-IIS DI SMA SWASTA AN-NIZAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1151151023_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1151151023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 1151151023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 1151151023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1151151023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1151151023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 1151151023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 1151151023_BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
12. NIM. 1151151023_BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
13. NIM. 1151151023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP RASA RENDAH DIRI SISWA DALAM BERGAUL PADA KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan experiment semu dengan pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive
sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas X IIS dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket rasa rendah diri berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 9 dengan α – 0,05, adapun J tabel – 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 9 > 4 yang berarti hipotesis diterima. Data pre-test rasa rendah diri
diperoleh skor rata-rata 100, sedangkan data post-test konsentrasi belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 56,4, yang berarti skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama lebih rendah dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Layanan bimbingan kelompok intensif dengan sosiodrama memberikan kontribusi sebesar 233,28% terhadap rasa rendah diri siswa dalam bergaul di kelas X IIS SMA SWASTA AN-NIZAM TAHUN AJARAN 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 079 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama; Rasa Rendah Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36826 |