RIZQI, MIFTAHUL (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL PADA SISWA TEKNIK PERMESINAN KELAS X SMK NEGERI 2 TANJUNG BALAI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151121018 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 5151121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (854kB) | Preview
3. NIM 5151121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 5151121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 5151121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM 5151121018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 5151121018 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5151121018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. NIM 5151121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM 5151121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 5151121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Konvensional dalam mata pelajaran menggambar teknik siswa kelas X SMK negeri 2 Tanjung Balai T.A 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Permesinan (TP) SMK negeri 2 Tanjung Balai T.A 2019/2020 yang terdiri dari tiga kelas yaitu X TP 1 (30 orang ), X TP 2 (31 orang ), X TP 3 (29 orang ). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar ditemukan 21 soal yang valid dengan realibitas 0.88 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 44.3 dan rata-rata nilai postest sebesar 71.833, sedangkan nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 33.759 dan nilai rata-rata nilai postest sebesar 64.207. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.11 > 1.6715 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0.05. Hal ini terbukti bahwa Ho ditolak yang berarti Ha diterima atau dapat disimpulkan Hasil belajar dalam pengenalan bentuk dan fungsi garis gambar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 103 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN STAD; PENGALAMAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36813 |