SITOHANG, OJON SAHAT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111044 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 2151111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 2151111044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 2151111044 PREFACE.docx.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 2151111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 2151111044 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 2151111044 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2151111044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 2151111044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 2151111044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 2151111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 312 siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil dari dua kelas (Kelas XI IPA 1 dan Kelas XI IPA 4), satu kelas sebagai kelas eksperimen (XI IPA-1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (XI IPA-2). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah dengan penugasan menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pemgujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,dari uji-t didapat hargat0= 4,216, dengan α = 0,057 dan n = 30, serta dari daftra nilai-nilai kritis t didapat ttabe = 2,042. Karena t0> ttabelatau 4,216>2,042, maka hipotesisi nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya bahwa model pembelajaran inkuiri jurisprudensial sangat baik digunakan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri jurisprudensial berpengaruh baik terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 198 |
Keywords: | pengaruh; Inkuiri Jurisprudensial; teks eksplanasi; metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 10:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36805 |