ALVANISA, PUTRI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI MTS NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4152111048 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4152111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 4152111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4152111048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM 4152111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM 4152111048 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 4152111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 4152111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 4152111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
13. NIM 4152111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 4152111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan representasi matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan (2) kesulitan siswa saat menggunakan kemampuan representasi matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 4 siswa MTs Kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan objek penelitian adalah kemampuan representasi matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi relasi dan fungsi. Pengambilan data dengan cara memberikan soal tes tentang representasi matematika kemudian mewawancarai siswa tentang bagaimana cara mereka menyelesaikan tes dan kemampuan representasi yang digunakan, serta kesulitan siswa saat menggunakan kemampuan representasi matematika.
Berdasarkan penelitian penelitian ini macam-macam representasi matematika yang digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah yaitu representasi visual, representasi simbolik dan representasi verbal. Kemudian siswa akan dikelompokkan kedalam empat tingkat yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang dan kurang. Adapun manfaat kemampuan representasi bagi siswa yaitu : memudahkan siswa membuat simbol, memudahkan siswa menemukan penyelesaian, mempermudah siswa mempresentasikan gambaran yang dibayangkan, siswa terbiasa mengerjakan soal matematika dengan langsung mengoperasikan bilangan yang diketahui, bentuk soal, mempermudah menemukan penyelesaian lainnya, dan siswa kesulitan membuat kalimat matematika (persamaan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 255 |
Keywords: | representasi matematika, kooperatif, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36795 |