PRASASTI, TRI INDAH (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA RAKYAT SUMATERA UTARA BERBASIS BLENDED LEARNING OLEH SISWA KELAS X SMK HARAPAN MEKAR-1 MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8176192033 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8176192033 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 8176192033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8176192033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 8176192033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 8176192033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 8176192033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8176192033 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
12. NIM 8176192033 BAB V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 8176192033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Sumatera Utara memiliki cerita rakyat yang beragam dan akan lebih menarik jika dikemas dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning. Media pembelajaran ini dikemas kedalam bentuk aplikasi android (mobile learning) Hal ini disebabkan oleh siswa SMK jurusan TKJ yang sengaja dibentuk untuk mendalami tentang teknologi informasi dan komunikasi ini akan sangat bersahabat dengan media yang mereka gunakan, yaitu komputer dan gawai. Selain penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan jurusan peserta didik, mereka juga akan mendapatkan nilai kearifan lokal dari cerita
rakyat Sumatera Utara yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan produk, mengetahui kelayakan pengembangan media, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan data kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut, pertama proses pengembangan media menggunakan metode 4D Thiagarajan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan diseminate (penyebarluasan). Kedua, hasil validasi oleh ahli materi dengan presentase rata-rata 96%, validasi
ahli media dengan presentase penilaian rata-rata 87%, uji coba perorangan dengan presentase rata-rata 87%, uji coba kelompok kecil dengan presentase rata-rata 88%, dan uji coba lapangan terbatas dengan presentase rata-rata 90%.
Hasil belajar pada materi teks cerita rakyat siswa kelas X SMK Harapan Mekar-1 Medan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning dengan rata-rata nilai 82,81 dan rata-rata nilai sebelum menggunakan media
pembelajaran berbasis blended learning sebesar 67,65. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam materi menulis teks cerita rakyat dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning lebih tinggi dengan selisih persentase dari pretest ke posttest adalah 15,16.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | blended learning, media pemnelajaran, teks cerita rakyat sumatera utara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36793 |