PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN EKOLOGI SECARA BLENDED LEARNING BAGI SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN

WULANDARI, WINA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN EKOLOGI SECARA BLENDED LEARNING BAGI SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 8176192034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176192034 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176192034 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176192034 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176192034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176192034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176192034 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176192034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176192034 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176192034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176192034 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176192034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176192034 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176192034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176192034 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176192034 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176192034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176192034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8176192034 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8176192034 BAB I.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176192034 BAB  V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176192034 BAB V.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 8176192034 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 8176192034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil pengembangkan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi secara blended learning, mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi secara blended learning, dan mendeskripsikan keefektivitas siswa dengan menggunakan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi secara blended learning bagi Siswa Kelas VII MTs. Miftahussalam Medan. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan model Hanafin & Peck yang terdiri dari tiga
proses utama, yaitu tahap pertama model ini adalah tahap penelitian kebutuhan, dilanjutkan dengan tahap desain, dan tahap ketiga adalah pengembangan dan implementasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu pertama, hasil pengembangan bahan ajar pada pembelajaran teks laporan hasil observasi dalam penelitian ini berupa WEB yang dapat diakses seara online dan offline. Kedua, hasil kelayakan pengembangan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi secara blended learning dinyatakan layak karena seluruh hasil penilaian berada pada kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli materi dinyatakan “sangat baik” dengan seluruh aspek penilaian mendapat rata-rata 88,46, hasil validasi oleh ahli desain modul dinyatakan “sangat baik” dengan seluruh aspek penilaian mendapat rata-rata 87,91 dinyatakan “baik”, dan validasi oleh ahli desain grafis pada media
dinyatakan “baik” dengan seluruh aspek penilaian mendapat rata-rata 83,75, dan respon penilaian guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 82,29 pada kriteria “baik”. Perolehan hasil uji coba perorangan dinyatakan “baik” dengan persentase rata-rata sebesar 73,33. Perolehan hasil uji coba kelompok kecil dinyatakan “baik” dengan persentase rata-rata 75,14. Perolehan hasil uji coba lapangan terbatas dinyatakan “baik” dengan persentase rata-rata sebesar 81,32. Ketiga, hasil kemampuan belajar pada materi teks laporan hasil observasi setelah menggunakan produk yang di kembangkan berada pada kategori “baik” dengan rata-rata nilai 82,15 dan rata-rata nilai sebelum menggunakan produk sebesar 67,09 yang berada pada kategori “cukup”. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi setelah menggunakan bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi secara blended learning dengan selisih signifikansi 15,06%.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: BAHAN AJAR; TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI; BLENDED LEARNING; EKOLOGI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:19
Last Modified: 20 Jan 2020 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36792

Actions (login required)

View Item
View Item