Sitepu, Janiati (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA SMP SWASTA METHODIST 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8106121012 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
8106121012 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8106121012 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
8106121012 - BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
8106121012 - BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8106121012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar IPS geografi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar IPS geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggidengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah ; (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar IPS geografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Methodist 1 Medan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, sehingga sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing kelas terdiri dari 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 dengan menggunakan uji lanjut uji Tuckey.Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat perbedaan yang signifikan anatara hasil belajar IPS geografi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS geografi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan taraf signifikansi α = 0.05 ; didapat F hitung 32.8 dengan taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk ( 1: 76) sebesar 3.97. Berdasarkan hasil perhitungan didapat F hitung = 32.8 > F tabel = 3.97. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar IPS geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah pada taraf signifikansi α = 0.05. F hitung = 59.4 dan F tabel untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk (1:76) sebesar 3.97. Berdasarkan perhitungan didapat F hitung =59.4 > F tabel = 3.97. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPS geografi siswa pada taraf signifikansi α = 0.05. F hitung sebesar 4.8 dengan harga F tabel untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk (1.76) sebesar 3.97. Berdasarkan perhitungan di dapat F hitung = 4.8 > F tabel = 3.97.Implikasinya adalah strategi pembelajaran berbasis quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS geografi siswa. Oleh karena itu guru IPS geografi disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching supaya memperoleh hasil belajar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sit p |
Keywords: | Hasil belajar; Motivasi berprestasi; Strategi pembelajaran; IPS geografi; Pembelajaran ekspositori; Quantum teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3675 |