Kesuma, Sapta (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMA PLUS AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
809315017 JUDUL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
809315017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
809315017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
809315017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
809315017 BAB I.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
809315017 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
809315017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pimpinan dalam mengimplementasi manajemen mutu terpadu dalam pelayanan pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis kualitatif. Dikatakan deskriptif karena penelitian ini mencoba mengungkapkan kejadian yang sedang berlangsung, yaitu tentang bagaimana Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pelayanan Pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Medan. Subjek atau sampel dalam penelitian ini ditentukan secara purposive dengan menetapkan responden sebagai actor utama (key informant) dalam penelitian yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tata usaha, siswa dan orang tua siswa sekaligus sebagai stake holder eksternal. Dalam penelitian ini teknik dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara mendalam, dan kajian dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dianalsis dengan menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. terdiri atas: a) reduksi data b) penyajian data, dan c) kesimpulan. Selanjutnya dilakukan uji keabsahan dengan menggandengkan uji kredibilitas (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability).Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan temuan penelitan: 1. Pimpinan SMA Plus Al-Azhar Medan dalam hal ini kepala sekolah telah melaksanakan kepemimpinannya dengan baik dalam konteks Implementasi Manajemen Mutu Terpadu yang meliputi: 1) Kepuasan pelanggan 2) Respek kepada orang lain 3) Komitmen terhadap organisasi 4) Kerjasama tim 5) perbaikan secara terus-menerus. 2. Kepala sekolah dalam konteks kepemimpinannya melakukan strategi visioner yaitu mampu memprediksi jauh ke depan secara jangka panjang sesuai dengan visi dan misi dan tujuan sekolah. Berdasarkan hasil di atas di sarankan untuk meningkatkan manajemen mutu terpadu, maka perlu ditingkatkan pembinaan dan komunikasi dua arah kepada sesama warga sekolah sehingga dapat merangsang minat untuk meningkatkan kinerja dalam meningkatkan mutu sekolah sehingga tercipta kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang, komitmen jangka panjang, kerjasama tim dan perbaikan secara terus-menerus dan tetap dipertahankan agar lebih ditingkatkan pelaksanaanya dengan konsisten dengan mengacu kepada manajemen perubahan yang modern menuju era global.Kesimpulan lain menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pelayanan Pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Medan, mengutamakan pelanggan /pelajar, program perbaikan sekolah yang dilakukan secara krestif dan kontruktif, dengan menekankan bahawa mutu terpadu dalam programnya dapat mengubah kulltur sekolah, kearah yang lebih maju dan positif sehingga pelajar dan orang tuanya menjadi tertarik terhadap perubahan yang ditimbulkan dalam manajemen mutu terpadu melalui berbagai program perbaikan mutu secara terus menerus. Secara holistik Sekolah SMA Plus Al-Azhar Medan dibangun berdasarkan konsep mutu, kerjasama tim, dan prestasi kerja yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 068 Kes a |
Keywords: | Manajemen mutu terpadu; Kepemimpinan sekolah; Kelompok kerja; Kurikulum pengajaran; Personal sekolah; Siswa; Tatalaksana sekolah; Sarana pendidikan; Humas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3669 |