Mulia, Ana (2019) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176181001 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8176181001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
3. NIM. 8176181001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8176181001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8176181001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8176181001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8176181001 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8176181001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8176181001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 8176181001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
14. NIM. 8176181001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
15. NIM. 8176181001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan teknologi di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. (2)
Menganalisis dampak penggunaan teknologi terhadap kognitif anak usia dini di
PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Tahap analisis data yang dilakukan
yaitu reduksi data, penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran di PAUD Kecamatan
Percut Sei Tuan menggunakan teknologi audiovisual seperti komputer dengan
aplikasi pembelajaran yang disertai infocus untuk memberikan pengenalan dan
cara penggunaannya pada anak. Dengan bantuan infocus dan speaker untuk
menampilkan video atau film dan penggunaan aplikasi Ms. Word, dan Power
Point yang membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Berdasarkan keseluruhan indikator X1 memiliki kategori kurang (36,3%) dengan
kekurangan pada speaker, CD interaktif dan layar proyektor. X2 memiliki kategori
baik (72,7%) kekurangan pada CD interaktif dan layar proyektor. Dan X3
memiliki kategori tidak baik (0 %) kekurangannya dengan teknologi audiovisual
yang masih belum digunakan dalam pembelajaran. Teknologi audiovisual
berdampak terhadap kognitif anak usia dini di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan,
dari keseluruhan indikator X1 kategori kurang pada penggunaan audiovisual
memiliki dampak kognitif kategori baik (69,6%). X2 kategori baik pada
penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif kategori baik (71,9%). Dan X3
kategori tidak baik pada penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif
kategori cukup (59,8%), yang meliputi indikator: mengungkapkan 4 benda
berdasarkan fungsinya (50,2%), mengungkapkan 4 perbedaan dari dua buah benda
(55%), mengungkapkan sebab akibat dari 4 peristiwa (65,8%), mengungkapkan 4
ciri-ciri benda berdasarkan warna, ukuran, atau bentuk (71%), menyebutkan 4
macam bentuk geometri (73,1%), serta menyebutkan 10 huruf dan 10 angka
dengan benda-benda (87,4%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Mul a |
Keywords: | Anak Usia Dini, Kognitif, Teknologi Audiovisual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:54 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36686 |