ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Mulia, Ana (2019) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOGNITIF ANAK USIA DINI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176181001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176181001 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176181001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176181001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176181001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176181001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176181001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176181001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176181001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176181001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176181001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176181001 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176181001 LIST OF GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176181001 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176181001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176181001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176181001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176181001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8176181001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8176181001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176181001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176181001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 8176181001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 8176181001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan teknologi di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. (2)
Menganalisis dampak penggunaan teknologi terhadap kognitif anak usia dini di
PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Tahap analisis data yang dilakukan
yaitu reduksi data, penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran di PAUD Kecamatan
Percut Sei Tuan menggunakan teknologi audiovisual seperti komputer dengan
aplikasi pembelajaran yang disertai infocus untuk memberikan pengenalan dan
cara penggunaannya pada anak. Dengan bantuan infocus dan speaker untuk
menampilkan video atau film dan penggunaan aplikasi Ms. Word, dan Power
Point yang membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Berdasarkan keseluruhan indikator X1 memiliki kategori kurang (36,3%) dengan
kekurangan pada speaker, CD interaktif dan layar proyektor. X2 memiliki kategori
baik (72,7%) kekurangan pada CD interaktif dan layar proyektor. Dan X3
memiliki kategori tidak baik (0 %) kekurangannya dengan teknologi audiovisual
yang masih belum digunakan dalam pembelajaran. Teknologi audiovisual
berdampak terhadap kognitif anak usia dini di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan,
dari keseluruhan indikator X1 kategori kurang pada penggunaan audiovisual
memiliki dampak kognitif kategori baik (69,6%). X2 kategori baik pada
penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif kategori baik (71,9%). Dan X3
kategori tidak baik pada penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif
kategori cukup (59,8%), yang meliputi indikator: mengungkapkan 4 benda
berdasarkan fungsinya (50,2%), mengungkapkan 4 perbedaan dari dua buah benda
(55%), mengungkapkan sebab akibat dari 4 peristiwa (65,8%), mengungkapkan 4
ciri-ciri benda berdasarkan warna, ukuran, atau bentuk (71%), menyebutkan 4
macam bentuk geometri (73,1%), serta menyebutkan 10 huruf dan 10 angka
dengan benda-benda (87,4%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Mul a
Keywords: Anak Usia Dini, Kognitif, Teknologi Audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:54
Last Modified: 27 Nov 2019 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36686

Actions (login required)

View Item
View Item