Keliat, Natalia Rosa (2012) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KAITANNYA DENGAN EVALUASI DIRI BERDASARKAN MULTIPLE INTELEGENSIA GARDNER SISWA SMAN 1 RSBI LUBUK PAKAM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
8106173009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8106173009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
8106173009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
8106173009 Bab I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8106173009 Bab V.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8106173009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempetakan keterampilan metakognitif siswa SMAN 1 RSBI Lubukpakam Kelas XII yang meliputi aspek task analysisis (analisi tugas), planning (perencanaan), monitoring (pemantauan diri), checking (pemeriksaan) dan recapitulation (rekapitulasi), menganalisis hubungan keterampilan metakognitif siswa SMAN 1 RSBI Lubukpakam Kelas XII dengan hasil belajar Biologi, serta mendeskripsikan evaluasi diri siswa berdasarkan multiple intelegensia Gardner serta kaitannya dengan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini dilakukan pada 179 siswa Kelas XII SMAN 1 RSBI Lubukpakam. Analisis aspek-aspek keterampilan metakognitif dilakukan melalui teknik persentase setiap aspek keterampilan metakognitif, serta melakukan analisis regresi dan analisis korelasi untuk menganalisis hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar (cognitive test). Evaluasi diri siswa berdasarkan Multiple Intelegensia Gardner dianalisis dalam bentuk grafik persentase dan dideskripsikan kaitannya dengan keterampilan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapatnya hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar (cognitive test) siswa (Fhit= 2,873<Ftab 3,84). Keterampilan metakognitif hanya 1,6% berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, serta hasil evaluasi diri siswa yang menunjukkan bahwa minat siswa terhadap sains (naturalistic intelegensia) sangat rendah (6,14) sehingga berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan metakogniitf antara siswa laki-laki dan siswa perempuan (harga p-value 0,138>taraf signifikansi 0,05). Disarankan agar setiap sekolah lebih memberdayakan bimbingan konseling untuk melatih siswa memiliki keterampilan metakognitif, memiliki instrument untuk menilai perkembangan aspek-aspek keterampilan metakognitif siswa serta meningkatkan keterampilan metakognitif siswa melalui penggalakan catatan belajar pribadi siswa yang diperiksa oleh guru secara rutin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Kel a |
Keywords: | Metakognitif; Multiple intelegence Gardner; Evaluasi diri; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3668 |