Haryati, Sri (2019) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS PERSUASI DENGAN PEMANFAATAN SLOGAN BERBASIS MEDIA BROSUR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DWI TUNGGAL TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8176192031 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM.8176192031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM. 8176192031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM.8176192031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM.8176192031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM.8176192031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM.8176192031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM.8176192031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM.8176192031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM.8176192031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM.8176192031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar teks persuasi dengan
pemanfaatan slogan berbasis media brosur untuk siswa kelas VIII SMP Dwi
Tunggal Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada
model 4-D (Four-D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), diseminasi
(menyebarluaskan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses
pengembangan materi ajar dilakukan dalam 4 tahap yaitu pada tahap
pendefinisian diuraikan menjadi tahap analisis awal, analisis peserta didik, analisis
tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran, tahap perancangan
dengan hasil keseluruhan isi modul, tahap pengembangan untuk menghasilkan
produk berupa modul, dan tahap deseminasi yaitu menyebarluaskan modul yang
telah dikembangkan; 2) Kelayakan materi ajar diperoleh dari hasil validasi ahli
materi yaitu aspek kelayakan isi dengan rata-rata 92,96% dengan kategori sangat
baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 96,15% dengan kategori sangat baik,
dan penilaian bahasa dengan rata-rata 93,26% dengan kategori sangat baik. Hasil
validasi ahli desain menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis brosur pada materi
teks persuasi berada pada kategori sangat baik dengan persentasi rata-rata 88,33%.
Hasil uji coba individu dengan rata-rata 88,19% dengan kategori sangat baik, uji
coba kelompok kecil dengan rata-rata 89,58% dengan kategori sangat baik, dan uji
coba lapangan terbatas dengan rata-rata 91,01% dengan kategori sangat baik; 3)
Hasil efektifitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan
posttest. Skor rata-rata pada pretest 70,81 dan pada posttest 80,59. Hal ini
membuktikan bahwa bahan ajar berbasis brosur pada materi teks persuasi layak
dan efektif untuk dikembangkan pada siswa kelas VIII SMP Dwi Tunggal
Tanjung Morawa. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar
dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran teks persuasi melalui materi ajar
berbasis brosur sehingga suasana belajar lebih menyenangkan, guru memberi
kemudahan dalam menyampaikan materi teks persuasi yang diajarkan, serta
memotivasi dan melatih siswa belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Har p |
Keywords: | materi ajar, teks persuasi, slogan, brosur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 07:55 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36670 |