nasution, Tetty Ariyani (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS MEME COMIC DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X MAS ISLAMIYAH YPI BATANGKUIS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176191018 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 8176191018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. NIM. 8176191018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8176191018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8176191018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 8176191018 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8176191018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8176191018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 8176191018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
13. NIM. 8176191018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM. 8176191018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks
anekdot berbasis meme comic dengan menggunakan multimedia interaktif pada
siswa kelas X MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Bahan ajar yang dikembangkan
berbentuk modul digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
berdasarkan model pengembangan dari Borg and Gall. Dengan subjek uji coba
terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X
MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi dinyatakan sangat baik dengan
total persentase 95.5%, kelayakan penyajian dinyatakan sangat baik dengan total
persentase 90.5%, dan kelayakan bahasa dinyatakan sangat baik dengan total
persentase 96%. (2) validasi dari ahli desain dengan kriteria cukup baik dengan
total persentase 78.12%. (3) respon atau tanggapan yang diberikan oleh guru
bahasa Indonesia terhadap bahan ajar berbentuk media teks anekdot berbasis
meme comic dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 86.7%. (4)
uji coba perorangan dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar
83.3%. (5) uji coba kecil dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar
87.8%. (6) uji coba lapanan terbatas dinyatakan baik dengan total persentasi skor
rata-rata sebesar 86.6%. Hasil perolehan rata-rata nilai siswa dalam tes menulis
teks anekdot berbasis meme comic sebelum menggunakan bahan ajar yang
dikembangkan dinyatakan cukup baik dengan skor rata-rata 71.23% sedangkan
hasil perolehan rata-rata setelah menggunakan bahan ajar dinyatakan baik dengan
skor rata-rata 80.83%. selisih yang diperoleh 9.6% dari sebelum dan sesudah
menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks anekdot
berbasis meme comic meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 817 Nas p |
Keywords: | Bahan ajar, teks anekdot, meme comic , multimedia interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4001 Oratory. Elocution, etc. P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 07:47 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36669 |