PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA SMK EKA PRASETYA MEDAN

Marbun, Hendricus (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA SMK EKA PRASETYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 2. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB V.pdf]
Preview
Text
8. BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Kelistrikan Otomotif antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe STAD dan Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Minat Berwirausaha Tinggi dan Minat Berwirausaha Rendah (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Minat Berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar Kelistrikan Otomotif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XISMKEkaprasetya Medan sebanyak 5 kelas dengan jumlah 166 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster randomsampling. Sampel penelitian terdiri dari 66 orang. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban terdiri dari 25 butir soal. Untuk menjaring data Minat Berwirausaha siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya, uji coba angket dilakukan pada 30 orang siswa, dari 30 butir angket yang ditujukan terdapat 25 butir angket yang dinyatakan sahih yang digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar Kelistrikan Otomotif digunakan korelasi point biserial, sedangkan analisis angket gaya Belajar digunakan product moment. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Kelistrikan Otomotifsiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Kelistrikan Otomotif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe STAD, (2) hasil belajar Kelistrikan Otomotifsiswa yang memiliki Minat Berwirausaha tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Minat Berwirausaha Rendah dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Minat Berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar Kelistrikan Otomotif. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Kelistrikan Otomotifyaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Mar p
Keywords: Hasil belajar; Kelistrikan otomotif; Strategi pembelajaran kooperatif; Minat wirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 Jul 2018 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item
View Item