ADLINA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151121002 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 4151121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM. 4151121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 4151121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 4151121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 4151121002 ILUSTRASION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4151121002 TABLE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4151121002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM. 4151121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 4151121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 4151121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dikelas X dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Discovery Learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa dikelas eksperimen kelas X.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMAS Al-Washliyah 1 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen nontes untuk mengukur aktivitas dan instrumen observasi guru dan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar .
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 53,33 dan pada kelas kontrol adalah 50,44. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,132 < 2,002 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 58. Hal ini berarti H0 diterima, yang berarti kedua kelas yang menjadi sampel penelitian memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET sebesar 72,67 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 65,11. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,81 > 1,671 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 58. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa akibat diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran Discovery Learning berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 243 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR, PHET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36658 |