SARI, ENDANG PURNAMA (2019) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151131012 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4151131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM 4151131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 4151131012 PREFACE .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 4151131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 4151131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 4151131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 4151131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM 4151131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. NIM 4151131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14 NIM 4151131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bebasis proyek dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA I dan kelas X MIA 2 SMA Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan. Analisis data menunjukkan (1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan persentase nilai rata-rata 78,68% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 66,54%. (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan persentase nilai rata-rata 71,78% sedangkan pada kelas kontrol yaitu 60,71 % (3) Berdasarkan pengujian hipotesis untuk hipotesis I dengan uji z diperoleh ztabel = 1,75 sedangkan berdasarkan perhitungan di peroleh harga zhitung = 14,96 karena harga zhitung > ztabel (14,96 > 1,75), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran konvensional. (4) Berdasarkan pengujian hipotesis untuk hipotesis II dengan uji z diperoleh ztabel = 1,75 sedangkan berdasarkan perhitungan di peroleh harga zhitung = 19,27 karena harga zhitung > ztabel (19,27 > 1,75), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran konvensional. (5) Berdasarkan pengujian hipotesis untuk hipotesis III dengan uji regresi diperoleh ftabel = 4,18 sedangkan berdasarkan perhitungan di peroleh harga fhitung = 5,76 karena harga fhitung > ftabel (5,76 > 4,18), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 158 |
Keywords: | PBL;HASIL BELAJAR;KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36652 |