PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Khairina (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 2. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB V.pdf]
Preview
Text
8. BAB V.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan pembelajaran biasa, untuk melihat perbedaan peningkatan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan pembelajaran biasa, untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap matematika melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Rantau Selatan dan SMA Swasta Muhammadiyah-10 kelas XI Rantauparapat Kabupaten Labuhanbatu. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini diawali dengan tes ujicoba perangkat dan instrumen penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskriptifkan respon siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif, tes kemampuan penalaran matematika, respon siswa terhadap matematika, dan pola jawaban siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif, penalaran matematika dan respon siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Untuk kemampuan berpikir kreatif menganalisis fluency kelas eksperimen 0,84 sedangkan kelas kontrol 0,80, kelas eksperimen 0,91 sedangkan kelas kontrol 0,83, mensintesis fleksibilitas kelas eksperimen 0,86 sedangkan kelas kontrol 0,84, kelas eksperimen 0,88 sedangkan kelas kontrol 0,86, menganalisis elaborasi 0,86 sedangkan kelas kontrol 0,77. Untuk penalaran matematika menganalogi kelas eksperimen 0,86 sedangkan kelas kontrol 0,77, kelas eksperimen 7,14 sedangkan kelas kontrol 6,02, menggeneralisasi kelas eksperimen 0,88 sedangkan kelas kontrol 0,86, kelas eksperimen 0,84 sedangkan kelas kontrol 0,80, mengkondisional kelas eksperimen 7,29 sedangkan kelas kontrol 5,98, kelas eksperimen 5,33, sedangkan kelas kontrol 3,78, kelas eksperimen 6,84 sedangkan kelas kontrol 4,94 (sangat tinggi), mengsillogisme kelas eksperimen 6,79 sedangkan kelas kontrol 5,63, kelas eksperimen 8,90 sedangkan kelas kontrol 7,60. Respon siswa terhadap matematika lebih positif selama mengikuti pembelajaran open-ended; Pola dan keragaman jawaban siswa lebih bervariasi dengan pendekatan open-ended dibandingkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Kha p
Keywords: Penalaran matematis; Sikap positif; Matematika; Pembelajaran open-ended; Pembelajaran biasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 Jul 2018 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item
View Item