TINAMBUNAN, SATAHI MARUDUT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DPIB SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. SATAHI M TINAMBUNAN NIM 5141111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini adalah quasi ekperiemen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siwa Kelas X DPIB A dan 35 orang siswa kelas X DPIB B. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan skala likert dan tes pilihan berganda. Dari hasil penelitian penggunaan model pembelajaran diperoleh nilai fhitung 7,805 sedangkan ftabel 3,992. Untuk tingkat
minat diperoleh fhitung 7,039 sedangkan ftabel 3,992. Untuk interaksi model pembelajaran dan tingkat minat diperoleh fhitung 5,217 sedangkan ftabel 3,992. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan; 1)Penggunaan model pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar gambar teknik pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020 2)Tingkat minat belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020 3)Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020. Peneliti yang ingin melakukan replikasi terhadap penelitian ini, sebaiknya menambah kembali jumlah sampel penelitian dengan waktu penelitian yang lebih lama sehingga generalisasi hasil penelitian benar-benar mengungkapkan kendala yang sebenarnya dalam mengatasi rendahnya hasil belajar gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 052 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN; MINAT BELAJAR; HASIL BELAJAR; GAMBAR TEKNIK; PROBLEM BASED LEARNING; DISCOVERY LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36647 |