SIREGAR, NURUL HAZIZAH (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4131111032. COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 4131111032. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 4131111032. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 4131111032. PREFACE.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
5. NIM. 4131111032. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
6. NIM. 4131111032. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM. 4131111032. TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 4131111032. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
9. NIM. 4131111032. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (881kB) | Preview
13. NIM. 4131111032. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM. 4131111032. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan mengguanakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada materi Pecahan di kelas VII SMP Negeri 11 Medan T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan yang terbagi dalam 7 kelas. Kemudian yang menjadi sampel penelitian adalah dua kelas yang terpilih dengan teknik random sampling yaitu kelas VII-1 menjadi kelas eksperimen I yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBM dan kelas VII-2 menjadi kelas eksperimen II belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 80,4 sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata posttest adalah 74,1333. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh ( ) (1,671) maka ditolak dan diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 193 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36641 |