GURUSINGA, LAURENSIUS (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111044 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4151111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 4151111044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 4151111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
5. NIM 4151111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 4151111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 4151111044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4151111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 4151111044 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM. 4151111044 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 4151111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Pancur Batu tergolong dalam kategori sangat rendah. Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan suatu usaha untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Salah satu usahanya ialah melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 2 Pancur Batu T.A. 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari 62,875 (siklus I) menjadi 84,81 (siklus II) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 65,625% (siklus I) menjadi 93,75% (siklus II). Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian – uraian di atas dapat disimpulkan bahwa (1) upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah meminta siswa untuk membaca masalah yang diberikan kemudian meminta siswa membaca kembali sambil guru menuntun siswa sampai siswa dapat memahami masalah tersebut dan dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dari masalah tersebut , meminta siswa untuk memahami dan menuliskan rumus yang berkaitan dengan materi dibuku catatan kemudian meminta siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, meminta siswa untuk menuliskan dan memeriksa langkah per langkah perhitungannya untuk mengetahui apakah hasil yang diperoleh tersebut sudah benar atau belum (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pancur Batu dapat meningkat setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 196 |
Keywords: | THINK PAIR SHARE; PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36630 |