YUDHIHANA, POIBE RENATHA (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 4151111073 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3 NIM. 4151111073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2 NIM. 4151111073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4 NIM. 4151111073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5 NIM. 4151111073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6 NIM. 4151111073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7 NIM. 4151111073 TABLE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8 NIM. 4151111073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9 NIM. 4151111073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13 NIM. 4151111073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (948kB) | Preview
14 NIM. 4151111073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional/biasa pada pembelajaran matematika materi koordinat kartesius ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan design penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Populasi dan sampelnya adalah siswa SMPN 2 Sunggal kelas VIII-K dan VIII-L. Untuk melihat ada/tidaknya perbedaan pengaruh tersebut digunakan uji statistik ANAKOVA untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, yang sebelumnya akan dilakukan terlebuh dahulu uji normalitas data, uji homogenitas data, model regresi linier, uji linieritas, uji independensi, uji kesamaan dua model regresi, dan uji kesejajaran dua model regresi. Dan untuk motivasi belajar matematika siswa menggunakan Uji Mann Whitney . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran biasa/konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 185 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik; Pembelajaran Biasa/Konvensional; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36615 |