PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL T.A 2019/2020

YUDHIHANA, POIBE RENATHA (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1 NIM. 4151111073 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4151111073 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4151111073 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4151111073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4151111073 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4151111073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4151111073 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4151111073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4151111073 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4151111073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4151111073 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4151111073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4151111073 TABLE.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4151111073 TABLE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4151111073 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4151111073 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4151111073 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4151111073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4151111073 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4151111073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (948kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4151111073 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4151111073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional/biasa pada pembelajaran matematika materi koordinat kartesius ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan design penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Populasi dan sampelnya adalah siswa SMPN 2 Sunggal kelas VIII-K dan VIII-L. Untuk melihat ada/tidaknya perbedaan pengaruh tersebut digunakan uji statistik ANAKOVA untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, yang sebelumnya akan dilakukan terlebuh dahulu uji normalitas data, uji homogenitas data, model regresi linier, uji linieritas, uji independensi, uji kesamaan dua model regresi, dan uji kesejajaran dua model regresi. Dan untuk motivasi belajar matematika siswa menggunakan Uji Mann Whitney . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran biasa/konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 185
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik; Pembelajaran Biasa/Konvensional; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:26
Last Modified: 13 Dec 2019 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36615

Actions (login required)

View Item
View Item