BR KETAREN, RENA ERVINA (2019) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MIA SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7152141011 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 7152141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. NIM. 7152141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 7152141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM. 7152141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6. NIM. 7152141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 7152141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 7152141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7152141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 7152141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 7152141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan pada mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen waktu dan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Medan yang beralamat di JL. Kapten Rahmad Buddin, Terjun, Medan Marelan Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan yang berjumlah 214 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji-t) dan secara simultan (uji-F) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis data maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu dan sumber belajar terhadap prestasi belajar diperoleh Y = 21,656 + 0,268X1 + 0, 530X2. Hasil pengujian hipotesis pada manajemen waktu diperoleh thitung sebesar 3,876 sedangkan t tabel = 1.665 pada tarafsignifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel atau 3,876 > 1.665 sehingga hipotesis diterima. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis pada sumber belajar diperoleh thitung sebesar 7,635 sedangkan ttabel = 1.665. Dengan demikian thitung > ttabel atau 7,635 > 1.665 sehingga hipotesis diterima. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen waktu dan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi, hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 228.968 > 3.12. Koefisien determinasi diperoleh 0,863 yang menjelaskan pengaruh variable manajemen waktu dan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa sebesar 86,3%, sedangkan 13,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan manajemen waktu dan sumber belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 127 |
Keywords: | MANAJEMEN WAKTU, SUMBER BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36613 |