LUMBAN TORUAN, PUSPA DELIMA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMKS ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universita Negeri Medan.
1. NIM 7153142021 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 7153142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3. NIM 7153142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM 7153142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 7153142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 7153142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 7153142021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 7153142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 7153142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM 7153142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
14. NIM 7153142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMKS Eria Medan serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Eria Medan T.P 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar pada siklus I belum memenuhi kriteria keaktifan yang diharapkan, demikian pula hasil belajarnya belum memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil siklus II menyatakan bahwa baik keaktifan maupun hasil belajar telah memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga penelitian tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil belajar siklus II lebih besar dari siklus I, hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 203 |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36610 |