PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMKS ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

LUMBAN TORUAN, PUSPA DELIMA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMKS ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universita Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7153142021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7153142021 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7153142021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7153142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7153142021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7153142021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7153142021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7153142021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7153142021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7153142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7153142021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7153142021 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7153142021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7153142021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7153142021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7153142021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7153142021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7153142021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7153142021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7153142021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7153142021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7153142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMKS Eria Medan serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Eria Medan T.P 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar pada siklus I belum memenuhi kriteria keaktifan yang diharapkan, demikian pula hasil belajarnya belum memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil siklus II menyatakan bahwa baik keaktifan maupun hasil belajar telah memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga penelitian tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil belajar siklus II lebih besar dari siklus I, hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 AKT 203
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:26
Last Modified: 12 Dec 2019 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36610

Actions (login required)

View Item
View Item